Loading...
Artikel

Tanaman Obat Keluarga (TOGA)

Tanaman obat keluarga (disingkat TOGA) adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Taman obat keluarga pada hakekatnya adalah sebidang tanah, baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. Kebun tanaman obat atau bahan obat dan selanjutnya dapat disalurkan kepada masyarakat, khususnya obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Budidaya tanaman obat untuk keluarga (TOGA) dapat memacu usaha kecil dan menengah di bidang obat-obatan herbal sekalipun dilakukan secara individual. Setiap keluarga dapat membudidayakan tanaman obat secara mandiri dan memanfaatkannya, sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga. (Wikipedia)

Beberapa jenis tanaman toga dan manfaatnya:

1. Sukun (Arthocarpus communis)

Tanaman sukun ini bisa digunakan untuk mengobati masalah pencernaan, dapat menurunkan kolesterol, sebagai obat asam urat, mengobati ginjal dan juga sakit gigi.

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan tanaman toga yang dimanfaatkan buahnya. Buah ini bisa digunakan untuk memperlancar buang air kecil, bisa untuk menghentikan kebiasaan merokok, obat penyakit demam, menyegarkan tubuh dan dapat menghilangkan bau badan.

3. Pala

Tanaman pala ini biasanya digunakan untuk mengobati perut kembung, memperlambat pernapasan, sebagai bahan untuk obat bius, dan dapat menyebabkan rasa kantuk.

4. Sirih

Daun sirih ini mempunyai banyak sekali manfaat yang dapat digunakan untuk obat. Khasiatnya adalah sebagai obat kumur, antiseptika yaitu untuk membunuh mikroorganisme yang berbahaya, dan bisa mengobati batuk.

5. Kayu Manis

Kayu manis merupakan batangnya yang dimanfaatkan. Manfaatnya yaitu dapat menghangatkan lambung, obat nyeri lambung, dapat mengobati penyakit batuk dan sesak napas.

Dan masih ada banyak lagi tanaman toga yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *